Profil dan Biodata Gitaris Terbaik Jimi Hendrix

Jimi Hendrix merupakan seorang musisi populer asal Amerika. Ia lahir dengan nama asli Johnny Allen Hendrix, kemudian berganti nama menjadi James Marshall Hendrix, dan dikenal dengan nama panggung Jimi Hendrix. Ia lahir pada tanggal 27 November 1942 dan kemudian meninggal pada tanggal 18 September 1970 di usia yang ke 27 tahun. Jimi Hendrix merupakan seorang gitaris handal. Ia bahkan dijuluki sebagai gitaris terbaik sepanjang sejarah industri musik rock. Karirnya memang terbilang singkat. Hendrix mengawali karir di tahun 1963 hingga kematiannya di tahun 1970, baik saat bersolo karir maupun bersama bandnya, The Jimi Hendrix Experienced. Meski begitu, ia menjadi salah satu musisi terpopuler dan paling berpengaruh sepanjang masa. Berikut kami tampilkan profil dan biografi lengkapnya.



Nama lahir : Johnny Allen Hendrix
Nama populer : Jimi Hendrix
Tanggal lahir : 27 November 1942
Meninggal : 18 September 1970
Pekerjaan : Penyanyi, gitaris, penulis lagu
Genre : Rock, blues
Instrumen : Gitar, vokal

Profil dan Biodata Gitaris Terbaik Jimi Hendrix

Jimi Hendrix memulai karir musik sejak tahun 1963 setelah bergabung pada US Army di tahun 1961. Awal karirnya dimulai dengan menjadi band pengiring The Isley Brothers dan Little Richard. Namun baru pada tahun 1966 karirnya mulai benar-benar menanjak drastis saat diproduseri oleh Chas Chandler, mantan bassis The Animals. Mereka pun membuat projek band yang bernama The Jimi Hendrix Experienced. Band tersebut akhirnya terbentuk dengan beranggotaka empat personil. Jimi Hendrix sebagai vokalis dan gitaris, Noel Redding sebagai bassis dan gitaris kedua, Billy Cox sebagai bassis dan Mitch Mitchell sebagai drummer.

Bersama bandnya, The Jimi Hendrix Experienced, Jimi Hendrix kemudiann sukses menghasilkan lagu-lagu hits andalan yang menggebrak tangga lagu di seluruh dunia. Album Are You Experienced? yang dirilis tahun 1967 merupakan album pertama mereka. Sejumlah single hits dari album tersebut antara lain adalah Purple Haze, Foxy Lady, The Wind Cries Mary dan Hey Joe. Mereka kemudian merilis dua album lagi, Axis: Bold as Love (1967) dan Electric Ladyland (1968). Album terakhir menjadi album tersukses Jimi Hendrix secara komersil, sedangkan untuk penilaian review, album pertama menjadi yang terbaik. Di tahun 1970, ia juga sempat berkolaborasi dengan Band of Gypsys.

Profil dan Biodata Gitaris Terbaik Jimi Hendrix

Jimi Hendrix kemudian menjadi salah satu musisi terpopuler saat itu. Ia bahkan menjadi performer dengan bayaran tertinggi di dunia pada tahun 1969 dan 1970. Namun sayang karirnya hanya berlangsung singkat. Pada 18 September 1970 ia meninggal dunia di usia yang ke 27 tahun. Penyebab kematiannya adalah asphyxia, yaitu kekurangan oksigen karena overdosis zat kimia barbiturate. Kematiannya disambut duka oleh pelaku industri musik di seluruh dunia.

Meski sudah meninggal, namun Jimi Hendrix tetap dikenang hingga sekarang. Sederet penghargaan ia terima, baik saat ia masih hidup dan lebih banyak lagi ketika ia sudah meninggal. Albumnya masih banyak beredar, bahkan 12 album baru dirilis setelah kematiannya lewat studio rekamannya. Ia menjadi salah satu musisi paling berpengaruh, terutama pada industri musik rock dan blues. Berbagai portal media musik pun menyebutnya sebagai gitaris terbaik sepanjang masa.


-MuseumMusik-

>

0 komentar:

Post a Comment

Featured of the Week

100 Lagu Jazz Terbaik di Dunia Sepanjang Masa

Musik jazz merupakan salah satu jenis genre musik populer yang banyak digemari oleh masyarakat. Jazz terkenal karena nada dan iramanya yang...

Artikel Pilihan

Please Do Not Copy Paste
DMCA.com Protection Status