Profil dan Biografi Lengkap Musisi Paul McCartney

Paul McCartney adalah musisi legendaris asal Inggris. Ia merupakan penyanyi, penulis lagu, komposer serta musisi yang mahir memainkan berbagai instrumen. Namanya mungkin dikenal sebagai salah satu personil band legendaris The Beatles. Ia bersama dengan personil lain seperti John Lennon, George Harrison dan Ringo Starrr, tergabung dalam The Beatles, yang banyak disebut sebagai band terbaik sepanjang masa. McCartney juga kerap disebut sebagai salah satu penulis lagu terbaik. Setelah bandnya bubar di tahun 1970, McCartney bersolo karir dan membentuk band baru, Paul McCartney and the Wings. Ia terhitung masih aktif hingga sekarang dan disebut sebagai legenda musik dunia. Berikut kami tampilkan profil dan biografinya


Nama lengkap : James Paul McCartney
Tempat lahir : Liverpool, Inggris
Tanggal lahir : 18 Juni 1942
Genre : Rock, pop
Pekerjaan : Penyanyi, penulis lagu, komposer
Instrumen : Vokal, gitar, bass, piano
Band : The Beatles, Paul McCartney and Wings

Profil dan Biografi Lengkap Musisi Paul McCartney

Paul McCartney lahir dengan nama asli James Paul McCartney di kota Liverpool, Inggris pada tanggal 18 Juni 1942. Ia kemudian tergabung dalam band The Quarrymen, yang menjadi cikal bakal band The Beatles. Band ini kemudian menjadi fenomena di industri musik sepanjang era 60an. The Beatles yang terdiri dari John Lennon, George Harrison, Ringo Starr dan Paul McCartney sendiri, sukses besar, baik dari segi popularitas, penghargaan, komersil dan penilaian. Band ini kemudian bubar di tahun 1970 meninggalkan pengaruh yang besar bagi industri musik.

Peran McCartney dalam band tersebut begitu besar. Ia bersama John Lennon menjadi duet penulis lagu di hampir semua lagu The Beatles yang bagus. Meski memegang instrumen utama bass, namun McCartney juga beberapa menjadi vokal utama dalam beberapa lagu. Total 13 album studio dirilis bersama The Beatles, dan belum termasuk extended plays, album kompilasi serta single lainnya yang jumlahnya mungkin mencapai ratusan.

Setelah Beatles bubar, McCartney melanjutkan karir musik dengan membentuk band bernama Wings. Bersama Wings, ia merilis tujuh album dan menghasilkan sejumlah lagu hits, termasuk Live and Let Die yang seakan menjadi signature song-nya pasca era Beatles. Band ini hanya eksis di tahun 70an karena Macca (panggilan akrab McCartney) lebih fokus dalam solo karir. 

Ia termasuk produktif sebagai musisi solo bahkan hingga sekarang. Sebanyak 17 album solo telah dirilis dan tampaknya juga belum ada rencana untuk berhenti merilis karya baru. McCartney masih aktif bermusik hingga sekarang. Sepanjang karir, ia juga beberapa kali berkolaborasi dengan musisi lain, mulai dari istrinya Linda McCartney, Stevie Wonder, Michael Jackson, Heather Mills, hingga yang terbaru bersama Kanye West dan Rihanna.

McCartney disebut sebagai salah satu musisi terbaik dan paling berpengaruh. Total semua albumnya telah terjual lebih dari 100 juta kopi dan belum termasuk rekor penjualannya bersama The Beatles. Lagu ciptaannya, Yesterday, yang juga ia nyanyikan bersama The Beatles menjadi lagu paling banyak di-cover sepanjang masa. Berbagai penghargaan musik internasional juga diraihnya, termasuk 21 kali Grammy Award. Tak heran jika namanya disebut sebagai salah satu legenda musik yang paling berpengaruh.


-MuseumMusik-

>

0 komentar:

Post a Comment

Featured of the Week

Daftar Lagu Alternative Rock Terbaik dan Terpopuler

Alternative rock atau alt-rock merupakan jenis genre rock yang masih menjadi bagian dari subgenre musik rock. Musik alternatif rock awalny...

Artikel Pilihan

Please Do Not Copy Paste
DMCA.com Protection Status