Profil dan Biografi Lengkap John Lennon

John Lennon merupakan salah satu musisi terbaik dan paling berpengaruh sepanjang masa. John Lennon lahir dengan nama asli John Winston Lennon pada tanggal 9 Oktober 1940. Ia kemudian meninggal dunia pada tanggal 8 Desember 1980 di usia 40 tahun. Penyebab kematian John Lennon adalah tewas ditembak. John Lennon paling dikenal berkat kesuksesannya dalam band The Beatles. John Lennon menjadi vokalis utama The Beatles, yang kemudian menjadi band terbaik dan terpopuler serta paling berpengaruh dalam industri musik sepanjang masa. Ia bersama dengan rekan dalam The Beatles Paul McCartney, disebut sebagai penulis lagu terbaik di abad 20. Berikut tim Museum Musik akan tampilkan sedikit informasi mengenai profil biografi musisi dan biodata John Lennon selengkapnya.

BIODATA JOHN LENNON

Nama Asli : John Winston Lennon
Tempat Lahir : Liverpool, Inggris
Tanggal Lahir : 9 Oktober 1940
Tempat Meninggal : New York, Amerika Serikat
Tanggal Meninggal : 8 Desember 1980
Pekerjaan : Musisi, penyanyi, penulis lagu, produser rekaman, artis, aktivis
Tahun Aktif : 1957-1980
Istri : Cynthia Lennon (1962-1968), Yoko Ono (1969-1980)
Genre : Pop, rock
Instrumen : Vokal, gitar, keyboard, bass
Band : The Beatles, Plastic Ono Band

Profil dan Biografi Lengkap John Lennon


John Lennon lahir di kota Liverpool, Inggris. Ia kemudian memulai karir musiknya di akhir 1950-an. John Lennon kemudian menjadi bagian dari band The Beatles. Selain John Lennon, personil The Beatles lain adalah Paul McCartney, Ringo Starr dan George Harrison. The Beatles meraih kesuksesan yang luar biasa. John Lennon berperan sebagai vokalis utama dalam band. Ia juga menjadi penulis lagu lagu The Beatles mayoritas, bersama dengan Paul McCartney. 

Selama era 1960-an, The Beatles menjadi fenomena dalam industri entertainment dunia. The Beatles begitu digemari dan memiliki banyak penggemar di seluruh penjuru dunia. Hal ini juga melambungkan nama John Lennon sebagai salah satu musisi dan penyanyi paling berpengaruh. Lagu-lagu The Beatles banyak yang menjadi hits sepanjang masa, seperti Let It Be, Yesterday, I Want to Hold Your Hand, A Day in the Life, Strawberry Fields Forever, Something, Hey Jude dan masih banyak yang lainnya. 

Di tahun 1970, The Beatles memutuskan untuk bubar. Para personil The Beatles kemudian memilih untuk bersolo karir. John Lennon kemudian memulai karir solo. Ia merilis album solo pertamanya berjudul John Lennon/Plastic Ono Band di tahun 1970. Selama bersolo karir, John Lennon diiringi oleh band pengiring Plastic Ono Band. Ia kemudian merilis beberapa album solo yang juga sukses seperti album Imagine (1971) dan Mind Games (1973). John Lennon juga banyak berduet dengan istrinya, Yoko Ono dalam beberapa album kolaborasi yang dirilis.

John Lennon kemudian meninggal dunia pada tahun 1980. Ia tewas ditembak oleh seorang bernama Mark David Chapman. Meninggalnya John Lennon membuat industri musik dunia berduka. Dalam karir musiknya, John Lennon juga dikenal sebagai seorang aktivis kemanusiaan. Banyak lagu-lagunya yang ikonik yang menyerukan tentang perdamaian dunia, seperti lagu Imagine, lagu Give Peace a Chance atau lagu Working Class Hero. Lagu Imagine juga menjadi salah satu peace anthem hingga kini.

Saat ini, nama John Lennon masih terus diingat dalam industri musik. Ia menjadi salah satu musisi paling berpengaruh sepanjang masa. Bersama band The Beatles, mereka juga tercatat sebagai band tersukses dengan rekor penjualan tertinggi sepanjang masa dari semua musisi yang pernah ada. Dengan semua pencapaian tersebut, tak salah jika John Lennon menjadi salah satu musisi terbaik sepanjang masa.


-MuseumMusik-

>

0 komentar:

Post a Comment

Featured of the Week

Daftar 10 Lagu Rock Terbaik Band Soundgarden

Soundgarden merupakan band rock terkenal asal Amerika. Band ini berasal dari kota Seattle, Washington dan dibentuk pada tahun 1984. Personi...

Artikel Pilihan

Please Do Not Copy Paste
DMCA.com Protection Status