Sejarah Perkembangan Musik Reggae

Dunia musik berisikan banyak genre dan jenis musik. Beberapa genre populer saat ini antara lain adalah rock, pop, R&B, hip hop, country, jazz, punk, metal, alternative, soul, blues, dan juga reggae. Musik reggae memang tidak sepopuler genre musik lain seperti rock dan pop, namun musik reggae memiliki tempat tersendiri di mata para pecinta musik reggae. Ada beberapa musisi dan penyanyi reggae populer di dunia, kebanyakan tentu berasal dari negara Jamaika, yang merupakan negara asal musik reggae. Musik reggae juga memiliki ciri khas yang berbeda, seperti irama musik yang lebih pelan dan tempo yang lebih lambat. Hal ini membuat musik reggae banyak digemari serta fans dan memiliki penggemar fanatik karena ada banyak lagu reggae yang bagus dan enak didengar. Lalu seperti apa sejarah awal perkembangan musik reggae dari awalnya tidak dikenal hingga kini bisa populer? Berikut akan kami sajikan secara singkat, lengkap dan jelas tentang sejarah musik reggae.

Sejarah Perkembangan Musik Reggae


Musik reggae diperkirakan mulai populer di era 1960-an, tepatnya pada tahun 1968. Saat itu, sedang trend lagu lagu dengan tempo lebih lambat jika dibanding dengan musik ska dan rocksteady di negara Jamaika. Musik dengan irama lambat tersebut kemudian dinamakan reggae. Kata reggae awalnya merupakan bahasa Afrika yang maknanya adalah gerakan badan yang menari sesuai dengan irama musik yang dimainkan. Fakta tersebut pun semakin menegaskan jika musik reggae awalnya berasal dari negara Jamaika.

Musik reggae pun terkenal dengan ciri khas nada dan irama yang pelan dan tempo yang lambat. Selain itu musik reggae juga banyak dipengaruhi oleh genre musik lain seperti ska, R&B, soul dan musik rakyat Jamaika, yaitu musik mento. Popularitas musik reggae pun makin mendunia terutama setelah kemunculan Bob Marley and the Wailers yang konstan membawakan lagu lagu dan single hits bergenre reggae. 

Bob Marley pun menghentak industri musik di era 70-an. Album Catch A Fire atau Exodus pun melambungkan musik reggae ke seluruh dunia dan membuat musik reggae makin dikenal. Lagu lagu reggae terbaik Bob Marley yang populer antara lain seperti No Woman No Cry, Redemption Song, One Love, Three Little Birds atau Buffalo Soldier membuat musik reggae makin diapreasiasi.

Setelah kesuksesan Bob Marley, kemudian banyak bermunculan grup, band, musisi dan penyanyi reggae yang populer di Amerika. Beberapa penyanyi reggae terbaik di era tersebut antara lain adalah Paul Simon, Lee 'Scratch' Perry, Eric Clapton dan masih banyak lagi. Perkembangan reggae pun makin pesat dan sudah menjadi salah satu genre musik populer di Amerika dan juga penjuru dunia lain, termasuk di Indonesia.

Di era modern, musik reggae pun masih populer meski masih kalah dengan genre musik populer lain seperti rock atau pop. meski begitu, Musik reggae banyak memiliki komunitas tersendiri, terutama karena faham rastamania yang selalu diusung oleh para pecinta reggae. Subgenre dan varian jenis reggae pun bermunculan seperti reggae hip hop, reggae blues, reggae rock dan lain-lain. Kini musik reggae pun menjadi salah satu genre musik populer di dunia, termasuk di Indonesia.


-MuseumMusik-

>

0 komentar:

Post a Comment

Featured of the Week

100 Lagu Jazz Terbaik di Dunia Sepanjang Masa

Musik jazz merupakan salah satu jenis genre musik populer yang banyak digemari oleh masyarakat. Jazz terkenal karena nada dan iramanya yang...

Artikel Pilihan

Please Do Not Copy Paste
DMCA.com Protection Status