Rekor dan Sejarah World Music Awards

World Music Awards atau biasa disingkat WMAs, adalah acara penghargaan internasional tahunan untuk insan musik dunia. Acara penghargaan ini dimulai tahun 1989 di bawah arahan Pangeran Monaco dan bertempat di Monte Carlo. Piala penghargaan WMAs didesain dan dikembangkan oleh R.S Owen & Co dan berlapiskan emas. Tidak seperti acara awards lain, pemenang World Music Awards didasarkan oleh rekor penjualan artis dalam satu tahun kalender. Penghargaan dibedakan menjadi dua, yaitu dari berbagai kategori maupun dari asal wilayah. Selain itu, juga ada 9 kategori penghargaan yang dipilih berasarkan voting online oleh masyarakat dunia.

Rekor dan Sejarah World Music Awards


The World Music Awards telah disiarkan di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Afrika, Timur Tengah, Australia, Selandia Baru, Jepang, Cina, India, Korea Selatan, Filipina dan juga Indonesia. Acara WMAs mencapai perkiraan penonton mencapai 1 miliar di seluruh dunia dari 160 negara.

Dalam pegelarannya, artis yang paling banyak memenangi piala World Music Awards adalah Mariah Carey, sebanyak 17 kali. Berikutnya ada Michael Jackson dengan total 16 piala WMAs. Sementara untuk rekor artis dengan piala World Music Awards terbanyak dalam satu kali pegelaran dipegang oleh Whitney Houston. Ia memenangi 5 kategori penghargaan pada penyeleggaraan World Music Awards tahun 1994. Di antara kategori yang ia menangkan adalah World's Best Pop Artist, World's Best R&B Artist, World's Best-Selling Recording Artist dan Best-Selling American Artist. Rekor ini kemudian disamai oleh tiga artis lain di penyelenggaran berikutnya, yaitu Michael Jackson (1996), 50 Cent (2003) dan Lady Gaga (2010).

World Music Awards digelar tiap tahunnya sejak 1989 hingga tahun 2010. Kebanyakan, acara penghargaan digelar di Salle des Etoiles di Monte Carlos, Monaco. Malam penganugerahaan World Music Awards juga pernah sekali digelar di Las Vegas (Thomas & Mack Center), Los Angeles (Kodak Theatre) dan London (Earls Court Exhibiton Centre). Namun sejak tahun 2011, acara World Music Awards tidak digelar lagi karena beberapa alasan. Itulah sedikit ulasan dari Museum Musik mengenai rekor dan sejarah mengenai World Music Awards.


-MuseumMusik-

>

0 komentar:

Post a Comment

Featured of the Week

Daftar Lagu Alternative Rock Terbaik dan Terpopuler

Alternative rock atau alt-rock merupakan jenis genre rock yang masih menjadi bagian dari subgenre musik rock. Musik alternatif rock awalny...

Artikel Pilihan

Please Do Not Copy Paste
DMCA.com Protection Status