Profil dan Biografi Lengkap Coldplay

Coldplay adalah grup band rock asal Britania Raya yang populer. Coldplay pertama dibentuk di kota London, England pada tahun 1996. Band ini beranggotakan vokalis Chris Martin, gitaris Jonny Buckland, bassis Guy Berryman dan drummer Will Champion. Coldplay disebut sebagai salah satu band terpopuler di era 2000-an. Gaya dan genre musik yang dibawakan mereka adalah alternative rock dengan sentuhan post-britpop. Mereka telah memenangkan banyak penghargaan, termasuk 7 Grammy Awards dari total 25 nominasi Grammy yang pernah didapatkan. Coldplay telah menjual albumnya lebih dari 60 juta keping di seluruh dunia. Beberapa lagu terpopuler Coldplay antara lain adalah Clocks, In My Place, Viva la Vida, Yellow, Paradise dan A Sky Full of Stars. Berikut Museum Musik hadirkan informasi profil dan biografi lengkap Coldplay.

Profil dan Biografi Lengkap Coldplay

Dibentuk di London, Inggris pada tahun 1996, Coldplay pertama merilis album debutnya, Parachutes di tahun 2000. Album ini sukses membantu Coldplay meraih popularitas secara global, terutama setelah perilisan single utama berjudul Yellow. Album kedua mereka, A Rush of Blood to the Head dirilis tahun 2002 dan memenangkan banyak penghargaan termasuk NME's Album of the Year. Beberapa single dari album ini seperti Clocks, In My Place and The Scientists mampu menjadi hits internasional dan menjadi salah satu signature songs dari band ini.

Album ketiga mereka, X&Y dirilis tahun 2005. X&Y meraih banyak review positif dan bahkan menjadi album terlaris di dunia sepanjang tahun 2005. Viva la Vida or Death and All His Friends dirilis tahun 2008 sebagai album studio keempat Coldplay. Album ini berhasil meraih banyak nominasi dan memenangkan penghargaan Grammy Awards. Single Viva la Vida dari album ini menjadi hit sukses dan merupakan salah satu lagu terpopuler Coldplay secara keseluruhan. Coldplay lalu merilis album studio kelima mereka, Mylo Xyloto pada tahun 2011 dan menjadi album terlaris se-Britania Raya.

Di tahun 2014, mereka merilis album bertajuk Ghost Stories. Album ini kembali sukses dengan sederet lagu single seperti Magic dan A Sky Full of Stars. Hanya berselang setahun, album ketujuh mereka, A Head Full of Dreams dirilis, menampilkan single Adventure of a Lifetime dan Hymns for the Weekend sebagai single utama dari album ini. Banyak pihak yang menganggap bahwa A Head Full of Dreams akan menjadi album terakhir dalam perjalanan karir Coldplay, meski hal ini belum dikonfirmasi dari pihak band tersebut.

Diskografi Album Coldplay:
  • Parachutes (2000)
  • A Rush of Blood to the Head (2002)
  • X&Y (2005)
  • Viva la Vida and Death of All His Friend (2007)
  • Mylo Xyloto (2011)
  • Ghost Stories (2014)
  • A Head Full of Dreams (2015)

(baca juga 10 lagu Coldplay terbaik)

Sejauh ini, Coldplay total telah merilis 7 album studio dan telah menjual lebih dari 60 juta kopi di seluruh dunia. Mereka telah memenangi banyak penghargaan termasuk tujuh Grammy Awards, lima MTV Video Music Awards dan beberapa penghargaan lainnya. Dengan semua pencapaian yang telah mereka peroleh tersebut, kini Coldplay disebut sebagai band terpopuler di tahun 2000-an dan merupakan salah satu grup band terbaik yang paling berpengaruh di era moden.


-MuseumMusik-

>

0 komentar:

Post a Comment

Featured of the Week

Kumpulan Lagu Religi Islami Terbaik Indonesia

Lagu religi merupakan lagu dengan tema keagamaan. Di Indonesia yang merupakan negara dengan jumlah penduduk Islam terbesar di dunia, lagu r...

Artikel Pilihan


Please Do Not Copy Paste
DMCA.com Protection Status