Profil dan Biografi Red Hot Chili Peppers

Red Hot Chili Peppers adalah band rock asal Amerika yang dibentuk di Los Angeles pada tahun 1983. Red Hot Chili Peppers biasa disebut dengan singkatan RHCP. Formasi awal band ini terdiri Anthony Kiedis sebagai vokalis, Hillel Slovak sebagai gitaris, Michael 'Flea' Balzary sebagai bassis, dan Jack Irons sebagai drummer. Saat ini, hanya Kiedis dan Flea saja anggota asli yang tersisa. Anggota lainnya sekarang adalah Chad Smith sebagai drummer dan Joshn Klinghoffer sebagai gitaris, yang menggantikan John Fruscianter di tahun 2009. Gaya musik Red Hot Chil Peppers terdiri dari rock dengan sentuhan elemen funk dan punk rock. RHCP mampu menjual albumnya lebih dari 80 juta keping di seluruh dunia, menjadikan mereka sebagai salah satu band dengan rekor penjualan tertinggi sepanjang masa. Berikut Museum Musik akan hadirkan sejarah dan profil lengkap RHCP.

Profil dan Biografi Red Hot Chili Peppers

Red Hot Chili Peppers merilis album debutnya di tahun 1984. Setelahnya, album kedua dan ketiga dirilis di tahun 1985 dan 1987, masing-masing dengan judul Freaky Styley dan The Uplift Mofo Party Plan. Di tahun 1988, gitaris Hillel Slovak meninggal karena overdosis. Drummer Jack Irons pun lalu memutuskan untuk keluar dari band setelah melihat kematian Slovak yang merupakan teman dekatnya. Anggota Red Hot Chili Peppers pun terdiri dari Kiedis, Flea, Frusciante dan Smith. Formasi ini menjadi formasi terlama yang bertahan dan meraih kesuksesan di era 90-an dan awal 2000-an dengan merilis 5 album studio.

Di era 1990-an, Red Hot Chili Peppers meraih popularitas yang besar setelah merilis album Blood Sugar Sex Magik di tahun 1991. Album ini menjadi album sukses pertama dari RHCP, setelah di empat album sebelumnya tidak sukses. One Hot Minute dan Californication menjadi album Red Hot Chili Peppers selanjutnya di era 1990-an, yang dirilis di tahun 1995 dan 1999. Californication juga menjadi album studio tersukses Red Hot Chili Peppers, dengan total penjualan mencapai lebih dari 15 juta keping di seluruh dunia. Album Californication juga berisi beberapa lagu hits, seperti Otherside, Californication, Scar Tissue dan Around the World. Dengan beberapa pencapaian tersebut, Red Hot Chili Peppers juga masuk dalam jajaran band terbaik di era 90-an.

Tiga tahun setelah album Californication, Red Hot Chili Peppers merilis album By the Way, yang juga berisi beberapa lagu andalan di awal 2000-an, seperti By the Way, Can't Stop dan The Zephyr Song. Setelahnya, album kesembilan Stadium Arcadium dirilis di tahun 2006, dengan menggunakan format double album. Album ini dinominasikan untuk Grammy Awards kategori Best Rock Album dan lagu Dani California juga dinominasikan untuk kategori Record of the Year. 

Red Hot Chili Peppers sempat memutuskan untuk break sementara sebelum kembali ke studio untuk merekam album kesepuluh mereka di tahun 2009. Di tahun 2011, I'm with You pun dirilis sebagai album kesepuluh Red Hot Chili Peppers. Di tahun 2014 ini, Red Hot Chili Peppers sudah memulai merekam materi rekaman untuk album kesebelas mereka.

Hingga kini, Red Hot Chili Peppers telah merilis 10 album studio, termasuk beberapa album terbesar mereka seperti Blood Sugar Sex Magik (1991), Californication (1999), By the Way (2002) dan Stadium Arcadium (2006). RHCP juga memenangkan banyak penghargaan, termasuk 7 Grammy Awards. Di tahun 2012, mereka juga masuk dalam Rock and Roll Hall of Fame. Red Hot Chili Peppers mampu menjual albumnya lebih dari 80 juta keping di seluruh dunia, menjadikan mereka sebagai salah satu band dengan rekor penjualan tertinggi sepanjang masa.


-MuseumMusik-

>

0 komentar:

Post a Comment

Featured of the Week

100 Lagu Jazz Terbaik di Dunia Sepanjang Masa

Musik jazz merupakan salah satu jenis genre musik populer yang banyak digemari oleh masyarakat. Jazz terkenal karena nada dan iramanya yang...

Artikel Pilihan

Please Do Not Copy Paste
DMCA.com Protection Status