Profil dan Biografi Lengkap Nirvana

Nirvana adalah grup band rock asal Amerika yang dibentuk di kota Aberdeen, Washington pada tahun 1987. Nirvana terdiri dari vokalis dan gitaris, Kurt Cobain, bassis Krist Novoselic dan drummer Dave Grohl, yang baru bergabung band di tahun 1990. Gaya dan genre musik yang dibawakan oleh Nirvana adalah rock dan grunge (biasa disebut Seattle Sound musik). Meskipun hanya merilis 3 album studio saja dalam selang waktu 7 tahun berkarir (1987-1994), namun Nirvana termasuk dalam jajaran band dengan rekor penjualan tertinggi sepanjang masa, dengan total penjualan mencapai 75 juta keping di seluruh dunia. Tak salah jika Nirvana disebut sebagai salah satu band terbesar dan paling berpengaruh dalam sejarah musik rock di era modern. Berikut Museum Musik akan hadirkan sejarah dan profil lengkap Nirvana.

Profil dan Biografi Lengkap Nirvana

Nirvana memulai karirnya di akhir 1980-an, saat mereka ambil bagian dalam arena Seattle grunge. Di tahun 1989 Nirvana merilis album debutnya, Bleach pada label independen. Kemudian Nirvana bergabung pada label besar dan merilis album kedua berjudul Nevermind. Awalnya manajemen berharap album tersebut terjual sebanyak 250 ribu keping, mengingat reputasi Nirvana yang sebelumnya hanya band indie. Namun siapa sangka, album itu mampu sukses besar di pasaran dan merubah Nirvana dalam sekejap menjadi band paling populer di dunia? 

Dalam dua tahun, album Nevermind mampu terjual 8 juta keping di seluruh dunia, atau berarti 32 kali lipat dari target awal. Single pertama dalam album ini, Smells Like Teen Spirit turut mendongkrak popularitas Nirvana dan juga sempat disebut-sebut sebagai salah satu lagu terbaik 90-an dan lagu rock yang paling berpengaruh.

Nirvana kemudian merilis album ketiga berjudul In Utero di tahun 1993. Meski tak sesukses Nevermind, namun In Utero terhitung sukses secara kritik dan komersil. Namun kesuksesan singkat Nirvana harus berakhir setelah di tahun 1994 Kurt Cobain meninggal. Cobain meninggal bunuh diri, akibat stress berkepanjangan yang diderita karena pengaruh obat-obatan terlarang dan hal lainnya. Kematian Cobain yang merupakan vokalis dan pencipta semua lagu Nirvana mengakhiri perjalan 7 tahun Nirvana di dunia musik.

Selama 7 tahun, Nirvana memang hanya merilis 3 album studio saja. Namun Nirvana termasuk dalam jajaran band dengan rekor penjualan tertinggi sepanjang masa, dengan total penjualan mencapai 75 juta keping di seluruh dunia. Nirvana juga akan segera masuk dalam Rock and Roll Hall of Fame di tahun 2014 ini. Dengan semua pencapaiannya itu, tak salah jika Nirvana disebut sebagai salah satu band terbesar dan paling berpengaruh dalam sejarah musik rock di era modern.


-MuseumMusik-

>

0 komentar:

Post a Comment

Featured of the Week

Daftar 10 Lagu Rock Terbaik Band Soundgarden

Soundgarden merupakan band rock terkenal asal Amerika. Band ini berasal dari kota Seattle, Washington dan dibentuk pada tahun 1984. Personi...

Artikel Pilihan

Please Do Not Copy Paste
DMCA.com Protection Status