Profil dan Biografi Lengkap Guns N' Roses

Guns N' Roses adalah kelompok grup band rock asal Amerika yang populer di era 80-an dan 90-an. Guns N' Roses pertama dibentuk di Los Angeles, California, Amerika Serikat di tahun 1985. Formasi awal Guns N' Roses terdiri dari Axl Rose (vokal), Slash (gitar utama), Izzy Stradlin (gitar rhythm), Duff McKagan (bassis) dan Steven Adler (drum). Guns N' Roses terkenal sering berganti-ganti personilnya, terutama setelah perilisan album kelima mereka yang banyak menyebabkan konflik. Hingga kini, hanya vokalis Axl Rose saja satu-satunya anggota Guns N' Roses yang tersisa. Selain Axl Rose, anggota Guns N' Roses lain saat ini adalah Dizzy Reed (keyboard), DJ Ashba dan Bumblefoot (gitar utama), Richard Fortus (rhythm), Tommy Stinson (bass) dan Frank Ferrer (drum). Guns N' Roses dianggap sebagai salah satu band dengan rekor penjualan tertinggi dalam sejarah musik, dengan total rekor penjualan mencapai lebih dari 100 juta keping di seluruh dunia. Mereka juga disebut sebagai salah satu band paling berpengaruh di dunia sepanjang masa. Berikut Museum Musik hadirkan sejarah dan profil lengkap Guns N' Roses.

Profil dan Biografi Lengkap Guns N' Roses

Guns N' Roses merilis album debutnya di tahun 1987, yaitu Appetite for Destruction. Album ini langsung meledak dan membuat nama Guns N' Roses langsung dikenal dunia. Appetite for Destruction terjual 28 juta kopi di seluruh dunia, membuatnya menjadi album debut terlaris sepanjang masa di Amerika. 

Guns N' Roses juga menjadi satu dari sedikit band yang langsung meraih kesuksesan internasional di album debutnya. Tiga single utama dirilis dari album ini, yaitu Welcome to the Jungle, Paradise City dan juga Sweet Child O'Mine, yang menjadi satu-satunya lagu Guns N' Roses yang memuncaki tangga lagu Billboard Hot 100. Lagu ini juga menjadi salah satu lagu terbaik di era 80-an. Sweet Child O'Mine juga disebut sebagai lagu terbaik Guns N' Roses sepanjang masa.

Setelah itu, Guns N' Roses langsung merilis album kedua yang berjudul G N' R Lies di tahun 1988. Kesuksesan Guns N' Roses makin bertambah setelah merilis album kembar di tahun 1991, dengan judul Use Your Illusion I dan Use Your Illusion II. Dua album tersebut dirilis pada tahun yang sama dan di minggu debutnya menempati posisi 2 dan 1 Billboard 200, dengan total penjualan mencapai 35 juta keping di seluruh dunia. Guns N' Roses lalu merilis album kelima, The Spaghetti Incident tahun 1993. Namun album ini tidak memenuhi ekspetasi dan menjadi pertanda masa kejayaan dari Guns N' Roses yang bertahan selama lebih dari 7 tahun. 

Setelah itu, satu per satu personil Guns N' Roses memutuskan untuk mundur karena tidak ada kejelasan mengenai proyek Guns N' Roses selanjutnya dan beberapa alasan lainnya. Axl Rose pun menjadi satu-satunya member asli Guns N' Roses yang tersisa. Album terakhir Guns N' Roses berjudul Chinese Democracy dirilis tahun 2008, dengan beberapa personil baru, meski pun banyak menimbulkan kontroversi.

Guns N' Roses pun dilabeli sebagai salah satu band yang membawa popularitas musik rock kembali di tengah berkembangnya musik dance dan pop metal. Guns N' Roses kemudian masuk dalam Rock and Roll Hall of Fame di tahun 2012. Dan dengan total rekor penjualan mencapai lebih dari 100 juta keping di seluruh dunia, Guns N' Roses pun dianggap sebagai salah satu band dengan rekor penjualan tertinggi dalam sejarah musik dunia.


-MuseumMusik-

>

0 komentar:

Post a Comment

Featured of the Week

Kumpulan Lagu Religi Islami Terbaik Indonesia

Lagu religi merupakan lagu dengan tema keagamaan. Di Indonesia yang merupakan negara dengan jumlah penduduk Islam terbesar di dunia, lagu r...

Artikel Pilihan


Please Do Not Copy Paste
DMCA.com Protection Status