Profil dan Biografi Bob Marley Lengkap

Bob Marley terlahir dengan nama Nesta Robert Marley OM. Ia lahir pada 6 Februari 1945 dan kemudian meninggal pada 11 mei 1981 di usia 36 tahun. Bob Marley adalah penyanyi dan penulis lagu asal Jamaika, yang meraih kesuksesan internasional sebagai penyanyi dengan mengambil genre musik reggae, yang sebelumnya tidak populer. Ia pun disebut-sebut sebagai musisi reggae terbesar dan terbaik sepanjang masa, dan turut mempopulerkan musik reggae hingga tersebar ke seluruh dunia. Berikut Museum Musik akan menghadirkan perjalanan hidup dan profil singkat dari Bob Marley.

Nama lahir : Nesta Robert Marley
Nama populer Bob Marley
Tempat lahir Nine Mile, Saint Ann, Jamaika
Tanggal lahir : 6 Februari 1945
Tempat meninggal Miami, Florida, Amerika
Tanggal meninggal : 11 Mei 1981 (umur 36)
Genre Reggae, Ska, Rocksteady
Pekerjaan Penyanyi, penulis lagu, musisi, gitaris
Instrumen Vokal, gitar, perkusi
Tahun aktif 1962–1981

Profil dan Biografi Lengkap Bob Marley

Biografi Bob Marley

Bob Marley memulai karir bermusiknya pada 1963 dengan grupnya bernama the Wailers (biasa disebut Bob Marley and the Wailers). Namun setelah the Wailers bubar pada tahun 1974, ia memutuskan untuk bersolo karir. Dan setelah merilis album Exodus pada tahun 1977, Bob Marley mampu mempertahankan kepopulerannya di seluruh dunia. Album tersebut banyak berisikan lagu terbaik Bob Marley. Ia pun menjadi salah satu penyanyi 70-an terbaik dan mencapai puncak popularitas berkat lagu-lagu reggaenya. Selama karirnya, Bob Marley telah merilis 13 album studio dan 2 album live, baik saat masih bersama The Wailers maupun saat bersolo karir.


Diskografi Album Bob Marley

  • The Wailing Wailers (1965)
  • Soul Rebels (1970)
  • Soul Revolution (1971)
  • The Best of the Wailers (1971)
  • Catch a Fire (1973)
  • Burnin' (1973)
  • Nasty Dread (1974)
  • Rastaman Vibration (1976)
  • Exodus (1977)
  • Kaya (1978)
  • Survival (1979)
  • Uprising (1980)
  • Confrontation (1983)

Bob Marley Meninggal

Bob Marley meninggal pada 11 Mei 1981 di Miami pada usia 36 tahun. Penyebab kematiannya adalah karena radang paru-paru dan otak yang kian menyebar. Kata-kata terakhir yang ia ucapkan kepada putranya, Ziggy, adalah 'Uang tidak bisa membeli kehidupan.' Setelah kematiannya, dunia musik berduka karena saat itu Bob Marley memang sedang berada di puncak popularitas.

(baca juga daftar lagu reggae barat terbaik)

Bob Marley juga banyak mendapat penghargaan setelah kematiannya. Dia diperkenalkan dalam Hollywood Walk of Fame pada 2001. Di tahun yang sama, ia mendapat penganugrahan Grammy Lifetime Achievement Award. Majalah Time juga turut memberi apresiasi pada album Bob Marley, Exodus (1977) yang terpilih sebagai Album of the Century. Majalah musik Rolling Stone pun menempatkan Bob Marley di urutan 11 dalam daftar 100 greatest artists of all time. Lagunya yang berjudul No Woman No Cry pun seakan menjadi lagu wajib dari musik reggae itu sendiri. Hingga kini, Bob Marley pun dianggap sebagai artis terbesar dalam dunia musik reggae dan turut mempopulerkan musik reggae di industri musik seluruh dunia.



-MuseumMusik-

>

0 komentar:

Post a Comment

Featured of the Week

100 Lagu Jazz Terbaik di Dunia Sepanjang Masa

Musik jazz merupakan salah satu jenis genre musik populer yang banyak digemari oleh masyarakat. Jazz terkenal karena nada dan iramanya yang...

Artikel Pilihan

Please Do Not Copy Paste
DMCA.com Protection Status