Profil dan Biografi Lengkap Band Oasis

Oasis adalah grup band rock asal Inggris yang meraih puncak kepopuleran di era 90-an dan awal 2000-an. Oasis dibentuk di kota Manchester, Inggris pada tahun 1991. Oasis terdiri dari Liam Gallagher sebagai vokalis, Noel Gallagher sebagai gitaris, Paul 'Bonehead' Arthurs sebagai gitaris, Paul 'Gigsy' McGuigan sebagai bassis dan Tony Carroll sebagai drummer. Oasis telah menjual album mencapai lebih dari 70 juta di seluruh dunia, membuatnya menjadi salah satu band dengan rekor penjualan tertinggi di Britania Raya sepanjang masa. Oasis juga disebut sebagai pencetus musik Britpop di era 1990-an, bersama band Inggris lain yang menjadi rivalnya, Blur. Berikut redaksi Museum Musik sajikan sejarah dan profil lengkap Oasis.

Profil dan Biografi Lengkap Band Oasis

Oasis memulai karirnya dengan merilis album debut, Definitely Maybe pada tahun 1994. Namun Oasis baru meraih kepopuleran besar dengan perilisan album kedua, Morning Glory di tahun berikutnya. Dua single utama dari album tersebut adalah Wonderwall dan Don't Look Back in Anger. Morning Glory juga sukses secara komersil, dan menjadi album dengan rekor penjualan tersukses keempat di industri musik Britania, dengan total penjualan mencapai 4 juta di seluruh dunia, membuat mereka menjadi salah satu band 90-an terbaik

Dalam periode ini, Oasis juga terlibat perseteruan dengan band Inggris lain, Blur. Keduanya kerap bersaing dalam chart tangga lagu Inggris dan sempat terlibat perang kata-kata terbuka di media-media di Inggris. Rivalitas keduanya cukup melegenda dan disebut sebagai Battle of Britpop of the 90s.

Oasis lalu merilis album ketiga, Be Here Now pada tahun 1997. Album ini lalu menjadi album dengan rekor penjualan tercepat dalam sejarah musik Britania Raya. Tahun 1999, McGuigan dan Arthurs memutuskan untuk keluar dari band di tengah perilisan album keempat, Standing on the Shoulder of Giants. Keduanya digantikan oleh Gem Archer dan Andy Bell. Di era 2000-an, Oasis merilis tiga album studio, yaitu Heathen Chemistry (2002), Don't Believe the Truth (2005) dan Dig Out Your Soul (2008) yang juga menjadi album studio terakhir Oasis.

Oasis akhirnya bubar pada tahun 2009. Pemicunya adalah keluarnya Noel Gallagher yang memutuskan mundur setelah terlibat perseteruan hebat dengan saudaranya, Liam Gallagher. Liam dan anggota Oasis lainnya yang tersisa kemudian membentuk band baru bernama Beady Eye.

Sepanjang karirnya, Oasis telah merilis 7 album studio. Mereka juga banyak menerima penghargaan seperti 15 NME Awards, 9 Q-Awards, 4 MTV Europe Music Awards dan 6 Brit Awards. Oasis juga telah menjual album mencapai lebih dari 70 juta di seluruh dunia, membuatnya menjadi salah satu band dengan rekor penjualan tertinggi di Britania Raya sepanjang masa.


-MuseumMusik-

>

0 komentar:

Post a Comment

Featured of the Week

Daftar 10 Lagu Rock Terbaik Audioslave

Audioslave adalah band rock yang berasal dari Los Angeles, California. Band ini dibentuk pada tahun 2001. Audioslave sendiri akhirnya buba...

Artikel Pilihan

Please Do Not Copy Paste
DMCA.com Protection Status