Profil dan Biografi Lengkap Black Sabbath

Black Sabbath adalah band rock dan heavy metal asal Birmingham, Inggris. Black Sabbath dibentuk pada tahun 1968, dan terdiri dari Ozzy Osbourne sebagai vokalis, Tony Iommi sebagai gitaris, Geezer Butler sebagai bassis, dan Bill Ward sebagai drummer. Dalam perjalanan karirnya, Black Sabbath banyak melakukan pergantian formasi. Black Sabbath disebut sebagai penemu dari musik heavy metal. Banyak band-band di era berikutnya yang terpengaruh oleh aliran musik Black Sabbath. Black Sabbath berhasil menjual 70 juta album mereka dan menjadikan mereka salah satu band heavy metal terbaik dan paling berpengaruh sepanjang masa. Berikut tim Museum Musik akan hadirkan sejarah dan perjalanan lengkap dari band Black Sabbath.

Profil dan Sejarah Lengkap Black Sabbath

Di awal karir mereka, Black Sabbath memang dikenal dengan musik heavy metal mereka yang kental terasa. Selain itu, Black Sabbath juga dikenal berkat lirik mereka yang mengandung unsur mistis. Lirik lagu mereka juga sering mengandung unsur politik, sosial, bahaya narkoba, korupsi, sejarah atau peperangan. Black Sabbath langsung mencapai kesuksesan di era 70-an berkat perilisan album-album yang langsung meraih popularitas luar biasa. Beberapa lagu terbaik dari Black Sabbath, termasuk Paranoid, Black Sabbath, War Pigs atau Iron Man. 

Di tahun 1979, Ozzy Osbourne dikeluarkan dari band akibat kasus narkoba. Dia digantikan oleh mantan vokalis band Rainbow, Ronnie James Dio. Sepanjang tahun 80-an dan 90-an, Black Sabbath banyak melakukan pergantian formasi dan anggota, hingga hanya menyisakan Tony Iommi sebagai anggota awal. Pada 1997, anggota awal Black Sabbath kembali bereuni bersama dengan Ozzy Osbourne juga di Black Sabbath. Mereka lalu merilis album live berjudul Reunion. 

Setelah vakum cukup lama, Black Sabbath akhirnya merilis album studionya yang ke 19 yang diberi judul 13. Album ini dirilis pada Juni tahun 2013 lalu. Album ini merupakan album pertama Black Sabbath sejak perilisan album Forbidden di tahun 1995, yang berarti dalam selang interval 18 tahun lamanya.

Hingga kini, Black Sabbath dikenal sebagai pendiri dari musik heavy metal bersama beberapa band di tahun 1970an seperti Led Zeppelin atau Deep Purple. Black Sabbath diperkenalkan dalam UK Music Hall of Fame pada tahun 2005 dan Rock and Roll Hall of Fame satu tahun kemudian. 

Black Sabbath juga terpilih sebagai band metal terbesar sepanjang masa versi MTV dan posisi kedua dalam daftar VH1's '100 Greatest Artists of Hard Rock' list. Majalah Rolling Stone menempatkan Black Sabbath pada posisi 85 dalam daftar '100 Greatest Artists of All Time' list. Sepanjang karir mereka, Black Sabbath telah menjual 70 juta album yang menjadikannya salah satu band heavy metal terbesar di dunia.



-MuseumMusik-

>

0 komentar:

Post a Comment

Featured of the Week

100 Lagu Jazz Terbaik di Dunia Sepanjang Masa

Musik jazz merupakan salah satu jenis genre musik populer yang banyak digemari oleh masyarakat. Jazz terkenal karena nada dan iramanya yang...

Artikel Pilihan

Please Do Not Copy Paste
DMCA.com Protection Status